Kepemimpinan
Kepemimpinan
atau Leadership adalah suatu cara
untuk mempengaruhi dan memotivasi orang lain, bawahan atau kelompok untuk
saling bekerja sama dalam upaya mencapai suatu tujuan bersama tanpa adanya unsur
paksaan. Dalam pengertian diatas dapat di ambil 4 poin inti dalam kepemimpinan,
yaitu :
1.
kepemimpinan merupakan sebuah proses
2.
kepemimpinan melibatkan pengaruh
3.
kepemimpinan muncul di dalam kelompok
Kepemimpinan
sangat penting dalam suatu organisasi, karena kepemimpinan merupakan faktor
kunci dalam suksesnya suatu organisasi atau manajemen. Kepemimpinan itu ada di
dalam diri pemimpin. Suatu organisasi akan menjadi buta dan tidak memiliki arah
jika tidak ada unsur kepemimpinan dalam organisasi tersebut.
Dalam Kepemimpinan terdapat Pemimpin dan
Pimpinan dan jangan pernah menganggap sama antara keduanya.
Pimpinan : Orang yang dipilih berdasarkan suatu
seleksi dan tentunya dia tidak sepenuhnya disukai oleh yang lainnya,
biasanya pimpinan berorientasi pada hasil.
Pemimpin : Orang yang dianggap mampu menjadi
pedoman hidup atau panutan bagi orang lain, dan tentunya dia disukai oleh
banyak orang dan dipilih berdasarkan kepercayaan serta
berorientassi pada proses. Pemimpin harus berada satu langkah didepan dari
anggotanya.
Kepemimpinan
sangat erat hubungannya dengan kepercayaan. Membangun kepercayaan anggota atau
bawahan itu sangat sulit. Sehingga diperlukan bukti nyata ketika memimpin suatu
organisasi. Ketika kepercayaan menjauh tujuanpun akan menjauh, tapi jika
kepercayaan dekat dengan kita yakinlah tujuanpun semakin dekat dengan kita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar